April 23, 2013

by

In: Profil Mitsibishi

No comments

Model A

Model A

Mitsubishi Motor berdiri sejak Mitsubishi Shipbuilding Co, Ltd memperkenalkan Model A, yaitu mobil pertama yang dibuat Jepang. Mobil ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1917. Harga mobil ini terbilang mahal jika dibandingkan dengan mobil yang diproduksi secara masal oleh Amerika dan Eropa. Oleh karena itu, pada tahun 1921, produksi mobil ini dihentikan setelah memproduksi 22 mobil. Pada tahun 1934 Koyata, presiden Mitsubishi, menciptakan Mitsubishi Heavy Industries yang merupakan gabungan dari Mitsubishi Shipbuilding dan Mitsubishi Aircraft. Mitsubishi Heavy Industries merupakan perusahaan swasta terbesar di Jepang. Mitsubishi Heavy Industries lebih terfokus pada pembuatan pesawat, kapal, kereta api mobil dan mesin. Pada tahun 1937 Mitsubishi Heavy Industries mengembangkan PX33, prototipe sedan yang digunakan untuk militer. Mobil ini merupakan mobil pertama buatan Jepang yang memiliki full-time four-wheel drive.

Setelah Perang Dunia II, Mitsubishi Heavy Industries mengembangkan Fuso dan Mizushima, yaitu kendaraan kargo roda tiga. Namun, perusahaan besar Jepang dipaksa untuk dibubarkan oleh pihak sekutu sehingga Mitsubishi Heavy Industries terpecah menjadi tiga perusahaan, yaitu West Japan Heavy Industries, Central Japan Heavy Industries, dan East Japan Heavy Industries.
Pada tahun 1951, East Japa Heavy Industries mulai mengimpor Henry J, sebuah sedan Amerika yang diproduksi oleh Kaiser Motors. Bersamaan dengan itu, Central Japan Heavy Industries melakukan kesepakatan kerja sama dengan Willys (sekarang dimiliki oleh Kaiser) untuk CKD-rakitan Jeep CJ-3B, yang disebut Mitsubishi Jeep. Kerja sama ini bertahan lama hingga tahun 1998, ketika Willys telah mengganti model.

Pada tahun 1953 Central Japan Heavy Industries, kemudian dikenal dengan Shin Mitsubishi Heavy Industries, telah mendirikan kembali sebuah departemen otomotif di kantor pusat di 1953. Central Japan Heavy Industries memperkenalkan Mitsubishi 500, jenis sedan yang diproduksi secara massal. Sedangkan West Japan Heavy Industries (sekarang berganti nama menjadi Mitsubishi Shipbuilding & Engineering) dan East Japan Heavy Industries (sekarang Mitsubishi Nihon Heavy Industries), mendirikan departemen otomotif mereka pada tahun 1950. Ketiga perusahaan ini kembali menyatu sebagai Mitsubishi Heavy Industries pada tahun 1964 .

Perkembangan kendaraan komersial yang sangat pesat membuat perusahaan Mitsubishi memutuskan untu membuat prusahaan baru yang terfokus pada industri otomotif. Mitsubishi Motors Corporation (MMC) didirikan pada tanggal 22 April 1970 sebagai anak perusahaan Mitsubishi Heavy Industries yang dipimpin oleh Tomio Kubo, seorang insinyur sukses yang berasal dari divisi pesawat.

Mitsubishi Motors Corporation berkantor pusat di Minato, Tokyo, Jepang. Pada tahun 2011, Mitsubishi Motor termasuk dalam 16 besar perusahaan mobil terbesar di seluruh dunia.

About the author

Tags:

Leave a Reply


*